SMP Negeri 2 Bandar Lampung

Jl. Pramuka No. 108 Rajabasa Nunyai Bandar Lampung

PIOUS-SMART-DISCIPLINED

Rakky Bikin Cerpen 1.200 Kata Hanya 180 Menit

Selasa, 17 September 2019 ~ Oleh Hendra Darmawan ~ Dilihat 246 Kali

Siswa UPT SMPN 2 Bandar Lampung mengharumkan nama Lampung dalam ajang Festival Literasi Sekolah (FLS) tingkat nasional yang digelar oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan di Taman Mini Indonesia Indah beberapa waktu lalu.

16 September 2019 Tribun Lampung

Rakky meraih juara tiga nasional setelah berkompetisi dengan 3200 peserta pada seleksi online. Juara pertama diraih pelajar asal Bali dan juara kedua dari Bandung Jawa Barat. 

"Tidak menyangka dapat hasil terbaik. Lomba ini waktu yang dibutuhkan sangatlah sebentar hanya 180 menit atau tiga jam peserta dituntut untuk membuat cerita pendek (cerpen) dan berpikir bagaimana setiap kata menarik untuk dibaca." ungkap Rakky.

Dari total waktu yang ditentukan Rakky mampu menggarap 1200 kata, dengan judul "Klise Film" sebanyak lima halaman. Cerpen yang ditulisnya bercerita tentang pria dari kampung menuai sukses dan memiliki segalanya satu di antaranya tinggal di apartemen. Tapi tokoh dalam cerita tersebut terbuai dengan kesuksesan yang diraih hingga melupakan kampung halamannya bahkan keluarganya, dan menjadi tinggi hati.

Saat tokoh cerpen tersebut terkena serangan jantung, tidak ada satupun keluarga yang mengetahui bahkan merawat. "Inti dari cerpen ini sebenarnya jangan sombong dengan apa yang sudah didapatkan sekarang ini," terang anak pertama dari pasangan Wahyu Permadi dan Fadzrya Ambar Prasetyawati ini.

Koordinator Guru Mata Pelajaran Bahasa Indonesia SMPN 2 Bandar Lampung, Amaroh, S.Pd., MM mengatakan SMPN 2 Bandar Lampung terpilih mengikuti FLS. Rakky harus melewati seleksi tingkat sekolah terlebih dahulu. "Jadi Rakky ini memang saringan dari siswa SMPN 2 Bandar Lampung dan tingkat provinsi Lampung. Ada 10 siswa yang memiliki kualitas yang sama mengikuti seleksi," imbuhnya.

Ibu Amaroh, S.Pd., MM menyampaikan, pihaknya memilih Rakky karena kualitasnya dan nilainya besar untuk bisa di ikutkan ke tingkat nasional. Pertimbangan lainnya adalah penguasaan kalimat, tutur bahasa, diksi dan sebagainya Rakky memiliki keunggulan. (Bayu Saputra)

Artikel ini sudah pernah tayang di surat kabar TRIBUN LAMPUNG 16/09/2019

KOMENTAR

merita marpaung - Selasa, 17 September 2019

selamat juga buat pak wahyu dan mba ambar luar biasa.

merita marpaung - Selasa, 17 September 2019

selamat ya rakky selamat juga buat smpn2balam. memang rakky punya jiwa seni, pemenang piano klasik dari ecayo, berkali kali.

KOMENTARI TULISAN INI

  1. TULISAN TERKAIT
...

Dr. M. BADRUN, M.Ag

Dengan mengharap ridho dan rahmat Allah SWT, membangun generasi bangsa berprestasi dan berakhlak mulia. Para pengunjung yang dirahmati Allah SWT,…

Selengkapnya

JAJAK PENDAPAT

Bagaimana tampilan web site ini menurut anda ?

LIHAT HASIL