SMP Negeri 2 Bandar Lampung

Jl. Pramuka No. 108 Rajabasa Nunyai Bandar Lampung

PIOUS-SMART-DISCIPLINED

SMPN 2 Bandar Lampung Ajarkan Demokrasi Sejak Dini

Kamis, 25 Januari 2024 ~ Oleh Hendra Darmawan ~ Dilihat 109 Kali

Para guru SMPN 2 Bandar Lampung ajarkan proses demokrasi kepada siswa melalui Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P-5).

Kegiatan ‘Suara Demokrasi’ ini dilaksanakan sejak tanggal 24 sd 26 Januari di SMPN 2 Kemiing, Bandar Lampung, Rabu (24/01/2024).

Kepala sekolah UPT SMPN 2 Bandar Lampung Abdul Khanif, M.Pd. mengatakan, giat ini merupakan implementasi dari nilai-nilai Profil Pelajar Pancasila malalui Projek P5.

“Antusias sekali, tema yang diangkat adalah suara demokrasi, bersamaan momen pemilihan Ketua OSIS,” kata Abdul Khanif, M.Pd.

Kegiatan tersebut kata Abdul Khanif, M.Pd adalah pembelajaran sejak dini melalui karakter tentang nilai-nilai demokrasi, semua siswa terlibat dan aktif.

“Semua aktif mereka mulai dari perencanaan, ada juga nanti mekamisme kegiatan layaknya Pilkada, yang diawali dengan seleksi balon, presentasi visi misi, debat, kampanye, sampai hari H pemilihan melalui bilik suara,” ungkapnya.

Kegiatan P5 ini juga menjadi kegiatan yang sangat bermanfaat untuk mengedukasi siswa tentang cara berdemokrasi.

“Disana ada prinsip saling menghargai pilihan masing-masing, tetap dalam bingkai persaudaraan dan persatuan semua antusias mengikuti kegiatan P-5 pada semester genap ini,” ujarnya.

Diketahui, kamis 25 Januari kegiatan akan sampai pada puncaknya yakni pemilihan langsung ketua OSIS setelah melalui serangkaian kegiatan yang dilakukan sebelumnya.

Adapun para calon ketua OSIS berjumlah sembilan (9) orang. Ada calon dari kelas 8.1 (1 orang) bernama Klara, lalu kelas 8.9 ada Zaki, Seventeen dan Devina, kemudian kelas 8.10 ada Amanda, Falah, Nadine, Raka dan Zahra.

KOMENTARI TULISAN INI

  1. TULISAN TERKAIT
...

ABDUL KHANIF, M.Pd.

Dengan mengharap ridho dan rahmat Allah SWT, membangun generasi bangsa berprestasi dan berakhlak mulia. Para pengunjung yang dirahmati Allah SWT,…

Selengkapnya

JAJAK PENDAPAT

Bagaimana tampilan web site ini menurut anda ?

LIHAT HASIL