SMP Negeri 2 Bandar Lampung

Jl. Pramuka No. 108 Rajabasa Nunyai Bandar Lampung

PIOUS-SMART-DISCIPLINED

Menteri Keuangan Ke-26 RI, Alumni SMPN 2 Bandar Lampung

Minggu, 02 Juli 2017 ~ Oleh Hendra Darmawan ~ Dilihat 5161 Kali

Mungkin banyak yang telah mengetahui atau mungkin tidak tahu bahwa Sri Mulyani Indrawati, S.E., M.Sc., Ph.D yang saat ini (Era Joko Widodo) menjabat sebagai Menteri Keuangan adalah salah satu Alumni SMPN 2 Bandar Lampung. Bahkan admin sendiri tidak tahu sebelumnya bahwa Ibu Sri Mulyani adalah mantan peserta didik di SMPN 2 Bandar Lampung, untuk itulah admin menulis ini ke web yang mudah-mudahan dapat memotivasi siswa siswi SMPN 2 Bandar Lampung saat ini.

Sri MulyaniSeperti di kutip dari Wikipedia Sri Mulyani Indrawati, S.E., M.Sc., Ph.D ahir di Bandar Lampung, Lampung, 26 Agustus 1962; umur 54 tahun) adalah wanita sekaligus orang Indonesia pertama yang menjabat sebagai Direktur Pelaksana Bank Dunia. Jabatan ini diembannya mulai 1 Juni 2010 hingga dia dipanggil kembali oleh Presiden Joko Widodo untuk menjabat sebagai Menteri Keuangan menggantikan Bambang Brodjonegoro, dia mulai menjabat lagi sejak 27 Juli 2016. Sebelumnya, dia menjabat Menteri Keuangan Kabinet Indonesia Bersatu. Ketika ia menjadi Direktur Pelaksana Bank Dunia maka ia pun meninggalkan jabatannya sebagai menteri keuangan saat itu. Sebelum menjadi menteri keuangan, dia menjabat sebagai Menteri Negara Perencanaan Pembangunan Nasional/Kepala Bappenas dari Kabinet Indonesia Bersatu. Sri Mulyani sebelumnya dikenal sebagai seorang pengamat ekonomi di Indonesia. Ia menjabat sebagai Kepala Lembaga Penyelidikan Ekonomi dan Masyarakat Fakultas Ekonomi Universitas Indonesia (LPEM FEUI) sejak Juni 1998. Pada 5 Desember 2005, ketika Presiden Susilo Bambang Yudhoyono mengumumkan perombakan kabinet, Sri Mulyani dipindahkan menjadi Menteri Keuangan menggantikan Jusuf Anwar. Sejak tahun 2008, ia menjabat Pelaksana Tugas Menteri Koordinator Bidang Perekonomian, setelah Menko Perekonomian Dr. Boediono dilantik sebagai Gubernur Bank Indonesia. Ia dinobatkan sebagai Menteri Keuangan terbaik Asia untuk tahun 2006 oleh Emerging Markets pada 18 September 2006 di sela Sidang Tahunan Bank Dunia dan IMF di Singapura. Ia juga terpilih sebagai wanita paling berpengaruh ke-23 di dunia versi majalah Forbes tahun 2008 dan wanita paling berpengaruh ke-2 di Indonesia versi majalah Globe Asia bulan Oktober 2007.

Pada bagian riwayat pendidikan terlihat bahwa Ibu Sri Mulyani menyelesaikan pendidikan Sekolah Menengah Pertama (SMP) nya di SMPN 2 Bandar Lampung, namun pada jenjang berikutnya ia tidak lagi bersekolah di kota kelahirannya Bandar Lampung. Berikut riwayat pendidikannya :

  1. SMP Negeri 2 Bandar Lampung (1975-1978)
  2. SMA Negeri 3 Semarang (1978-1981)
  3. Sarjana Ekonomi di Universitas Indonesia Jakarta, Indonesia. (1981 – 1986)
  4. Master of Science of Policy Economics di University of lllinois Urbana Champaign, U.S.A. (1988 – 1990)
  5. Ph.D. of Economics di University of lllinois Urbana-Champaign, U.S.A. (1990 – 1992)

Begitu membanggakan bukan ? Bukan hanya Sri Mulyani dikutip dari wikipedia terdapat beberapa nama besar yang berasal dari SMPN 2 Bandar Lampung diataranya yaitu :

  • Andi Arief Staf Ahli Kepresidenan
  • Julian Aldrin Pasha Juru Bicara Kepresidenan
  • Lula Kamal Jim Geovedi pakar keamanan teknologi informasi,ilmuwan komputer dan kecerdasan buatan

Semoga sosok ini menjadi inspirasi bagi semua peserta didik di SMPN 2 Bandar Lampung untuk menjadi putra dan putri terbaik bangsa. Bukan tidak mungkin di luar sana masih banyak sosok-sosok lain yang telah membawa nama baik SMPN 2 Bandar Lampung. Untuk itu admin mengundang para mantan lulusan SMPN 2 Bandar Lampung untuk Registrasi Alumni di Website ini.

KOMENTAR

Suherno - Kamis, 13 Maret 2021

Bangga aj sih.... Ternyata menteri keuangan RI ikut menjadi peserta didik smp n 2 bandarlampung..

KOMENTARI TULISAN INI

  1. TULISAN TERKAIT
...

ABDUL KHANIF, M.Pd.

Dengan mengharap ridho dan rahmat Allah SWT, membangun generasi bangsa berprestasi dan berakhlak mulia. Para pengunjung yang dirahmati Allah SWT,…

Selengkapnya

JAJAK PENDAPAT

Bagaimana tampilan web site ini menurut anda ?

LIHAT HASIL